10.06.2010

Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia

Kesetimbangan kimia mempelajari reaksi-reaksi kimia yang pada keadaan tertentu dapat berlangsung balik (reversible). Kesatimbangan kimia dapat tercapai pada saat kecepatan reaksi maju sama dengan kecepatan reaksi pada saat balik. Atas dasar inilah para guru menurunkan rumus tetapan kesetimbangan. Perhatikan penurunan rumus tetapan kesetimbangan berikut:DIMANAKAH KELEMAHAN DARI PENURUNAN RUMUS ITU?????????

Kelemahan pada penurunan rumus itu terletak pada pangkat (a & b) pada masing-masing konsentrasi. Pada kesetimbangan a dan b merupakan koefisien reaksi, tetapi kalau pada rumus laju reaksi a dan b merupakan orde reaksi. Dan seringkali ketika menyampaikan materi laju reaksi guru-guru dengan lantang mengatakan "Orde reaksi hanya dapat ditentukan dengan percobaan bukan dilihat dari koefisien". Mungkin selama ini masih beruntung karena tidak ada siswa yang bertanya mengenai hal itu.

Kalau cuma mengkritik tapi tidak memberikan solusi itu berarti tidak bertanggungjawab.
Sebenarnya suatu reaksi reversible dapat mencapai kesetimbangan jika:
1. Reaksi maju sama dengan reaksi balik (tinjauan kinetika kimia)
2. Pada saat perubahan energi bebas Gibbs sama dengan nol (tinjauan termodinamika)
Tinjauan yang kedua ini hampir tidak pernah terihat atau disinggung di buku kimia SMA, mungkin di sebabkan untuk SMA belum ada atau mungkin para guru yang tidak pernah membuka buku kuliah mereka lagi.

Mari kita lihat penurunan rumus tetapan kesetimbangan secara termodinamika:
Dan rumus yang pertama kali di temukan adalah Kp, hal ini juga sesuai dengan sejarah bahwa pada awalnya reaksi kesetimbangan diamati pada kesetimbangan gas. dari rumus Kp baru diperoleh Kc.

Mungkin itu penjelasan singkatnya mengenai miskonsepsi pada kesetimbangan kimia semoga beranfaat untuk kemajuan pendidikan bangsa. Penulis juga sebelumnya tidak mengetahui dan menyadari kekeliruan ini baru pada semester 8 kemarin memperoleh mata kuliah kimia komprehensif dan dari Pak Projo penulis memperoleh informasi tersebut....
Beliau juga berpesan tolong besok di ajarkan pada siswa-siswa kalian...
Terima kasih Pak Projo semoga bapak lekas sembuh dan dapat mengajar adik-adik angkatan saya sehingga semakin banyak yang tahu kekeliruan-kekeliruan pembelajaran pada pelajaran kimia SMA.